Jumlah Soal:50 soal
Waktu:120 menit
Mulai:
Selesai:
Sisa:
 

  Kelas : 6, Ujian Nasional/Sekolah (Bahasa Indonesia/Tahun 2015)

                                                Manfaat Air Kelapa

          Beni dan ayahnya mempunyai hobi yang sama, yaitu berkebun. Pak Herman, ayah Beni memiliki tanah yang cukup luas. Ia menanami kebunnya dengan kelapa. Mereka memilih menanam kelapa karena mudah perawatannya dan besar manfaatnya. Ada kelapa ijo, kelapa gading, dan ada pula kelapa hibrida. Kelapa genjah adalah jenis kelapa yang memiliki umur relatif pendek.
          Hampir semua bagian dari pohon kelapa diambil manfaatnya. Akarnya untuk kayu bakar, batangnya untuk tiang, daun yang muda untuk membuat kupat maupun hiasan pesta, dan sebagainya. Ruas jari daun kelapa sering disebut lidi dimanfaatkan untuk membuat sapu. Buah kelapa, sabut kelapa, batok kelapa; bahkan air kelapa semua bermanfaat.
          Hari Sabtu sore mereka mengunjungi bibi. Mereka membawa kelapa muda sebagai oleh-oleh. Ibu berpesan agar Beni memetik kelapa muda. Bibi suka sekali minum air kelapa muda. Kata Paman Bob, air kelapa muda bagus untuk kesehatan. Caranya, air kelapa muda diminum setiap hari atau ketika membutuhkan.
          Kandungan air kelapa muda di antaranya, vitamin C, asam folat, dan asam pantoenat. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan pemeliharaan kulit, dan membantu pembentukan jaringan kolagen. Kolagen berguna untuk memelihara kelenturan dan kekenyalan kulit. Air kelapa muda sangat bagus untuk menggantikan ion tubuh, mengatasi dehidrasi, bagus juga untuk ibu hamil agar bayinya memiliki kulit lebih sehat.

1.   Mengapa Pak Herman memilih menanam pohon kelapa?
A.Karena tanaman kelapa banyak jenisnya.
B.Karena mudah perawatan dan banyak manfaatnya.
C.Karena pohon kelapa muda berguna dan enak rasanya.
D.Karena mereka hobi menanam pohon kelapa.


2.   Bagaimana caranya memanfaatkan air kelapa untuk menjaga kesehatan?
A.Diminum setiap hari atau pada saat membutuhkan.
B.Diminum setiap selesai makan siang sebagai penyegar.
C.Dicampur sirup dan diminum setiap hari biar segar.
D.Kelapa dipecah dan airnya dicampur sirup lalu diminum.


3.   Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf keempat wacana tersebut adalah ........
A.Kapan air kelapa boleh diminum?
B.Mengapa tubuh kita membutuhkan ion?
C.Apa manfaat air kelapa muda bagi manusia?
D.Di mana tubuh kita bisa mendapatkan asam folat?


4.   Ide pokok paragraf pertama pada wacana tersebut adalah ........
A.Kebun Pak Herman cukup Luas.
B.Pak Herman menanam berbagai jenis kelapa.
C.Tanaman kelapa mudah perawatannya.
D.Beni dan ayahnya sama-sama suka berkebun.


5.   Kalimat yang sesuai dengan paragraf kedua wacana tersebut adalah ........
A.Setiap bagian pada pohon kelapa dapat diambil manfaatnya.
B.Bertanam kelapa tidak memerlukan perawatan.
C.Tiang rumah Pak Herman terbuat dari batang pohon kelapa.
D.Berkebun merupakan hobi yang menguntungkan.


6.   Bacalah petunjuk penggunaan obat Influenza berikut!
(1) Usia 1 - 5 tahun             = 3 x 2,5 ml
(2) Usia 6 - 12 tahun           = 3 x 5 ml
(3) Usia 13 - 18tahun          = 3 x 7,5 ml
(4) Usia lebih dari 18 tahun  = 3 x 10 ml

Jika kakakmu berusia 15 tahun, petunjuk penggunaan obat yang tepat adalah ........
A.(1)
B.(2)
C.(3)
D.(4)


7.   Bacalah petunjuk berikut!
1. Gosok sepeda motor dengan larutan shampoo.
2. Bilas sepeda motor dengan air sampai bersih.
3. Basahi sepeda motor dengan air.
4. Keringkan motor dengan kain lembut yang bersih dan kering.
5. Tuangkan shampoo motor dalam air bersih.

Urutan yang tepat petunjuk mencuci motor adalah ....
A.3 - 1 - 4 - 2 - 5
B.3 - 4 - 2 - 5 - 1
C.3 - 2 - 5 - 4 - 1
D.3 - 5 - 1 - 2 - 4


8.   Perhatikan rubrik khusus berikut!
Hari Senin aku berangkat sekolah lewat Jalan Pemuda. Kendaraan sangat padat. Semua jalur dipenuhi kendaraan. Saat aku Lihat beberapa kendaraan masuk jalur yang berlawanan arah, aku terkejut. Tiba-tiba ada motor dari arah depan melaju ke arahku. Aku tak sempat menghindar. Tabrakan pun terjadi.

Kalimat saran yang tepat pada surat pembaca di atas adalah ........
A.Hindarilah Lewat Jalan Pemuda
B.Masuklah jalur lawan arah pada saat macet.
C.Janganlah memilih jalur yang padat kendaraan.
D.Patuhilah peraturan Lalu Lintas yang berlaku.


9.                                                 Pengumuman
          Diumumkan kepada semua siswa SDN Cemara Dua Surakarta. Dalam rangka persiapan Lomba Adiwiyata, sekolah akan mengadakan kegiatan cinta lingkungan. Seluruh siswa diharapkan berpartisipasi dengan membawa tanaman bunga dan melakukan kerja bakti. Kegiatan akan dilaksanakan hari Jumat, 5 September 2014, pukul 07.00 - 09.00 WIB.

Cara siswa berpartisipasi dalam kegiatan cinta lingkungan adalah dengan ........
A.menanam sejuta pohon
B.menanam tanaman bunga yang dibawanya
C.membawa tanaman bunga dan kerja bakti
D.merawat tanaman bunga setiap hari


(Sore itu Wuri, Intan, Susi, dan Dini berkumpul di rumah Intan. Mereka menunggu Zahra sambil berbincang-bincang)
Wuri   : " Aku tidak setuju kalau Zahra yang menjadi ketua kelompok kita"
Intan   : " Kenapa Wur? Bukankah itu sudah menjadi pilihan kita semua?"
Susi    : "Iya, ada apa sih, Wur?"
Wuri   : (kelihatan kesal) "Jadi ketua harus jadi panutan, lihat sekarang Dia kan
             yang meminta kita kumpul pukul 15.00, tapi pukul berapa sekarang ?"
Zahra  : "Maaf teman-teman aku terlambat karena ..... "
Wuri   : "Gak usah pakai alasan lah, basi banget tahu gak sih? Jadi ketua kok gak disiplin?
             (Wuri masih terlihat kesal)
Dini    : "Sabar Wur, kita dengar dulu penjelasan Zahra."
Zahra : "Wuri nggak salah, aku minta maaf. Tadi aku berangkat lewat depan Wuri,
            lalu aku melihat ada anak terserempet motor, dan ternyata anak kecil itu
            adikmu, Wur!" (Zahra menghela napas sejenak)
Wuri   : "Adikku? Bagaimana keadaannya? Maafkan aku Zahra!"
             (Wuri kelihatan panik)
Zahra  : "Tenanglah Wur, adikmu baik-baik saja, aku sudah bawa ke klinik."

10.   Tokoh utama dalam drama tersebut adalah ........
A.Zahra
B.Wuri
C.Intan
D.Dini


11.   Latar tempat dalam drama tersebut adalah ........
A.Jalan Kamboja
B.Rumah Wuri
C.Rumah Intan
D.Poliklinik


12.   Amanat yang terkandung dalam teks drama tersebut adalah ........
A.Jangan suka berprasangka buruk kepada orang lain.
B.Jangan memilih ketua kelompok yang tidak disiplin.
C.Jangan berteman dengan orang yang mudah marah.
D.Jangan hiraukan kecelakaan saat waktumu sempit.


          Tanaman obat atau yang biasa kita kenal dengan tanaman herbal sangat banyak jenis dan manfaatnya. Herbal, mampu mengobati segala macam penyakit kelas berat. Selain itu, tanaman obat juga telah teruji ampuh dibandingkan obat kimia. Oleh karena itu, dianjurkan tanaman obat tersedia di lingkungan rumah masing-masing sebagai obat alternatif.

13.   Pernyataan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah ........
A.Tanaman herbal sudah ada sejak dahulu sebelum ada teknologi canggih.
B.Tanaman herbal sangat besar manfaatnya bahkan melebihi obat kimia.
C.Seluruh pasien rumah sakit diharapkan mengkonsumsi obat yang terbuat dari herbal.
D.Mengkonsumsi obat dari herbal setiap hari membuat tubuh menjadi sehat.


14.   Arti kata yang dicetak miring pada paragraf tersebut adalah ........
A.Sebagai cadangan apabila terjadi sesuatu.
B.Sebagai persediaan agar tidak terjadi sakit.
C.Untuk mengobati bila ada yang sakit mendadak.
D.Untuk mencegah agar tidak ada yang sakit.


15.   Antonim kata yang dicetak tebal pada paragraf tersebut adalah ........
A.bahaya
B.kritis
C.sedang
D.ringan


16.   Indonesia adalah negara agraris yang terkenal akan kekayaan rempah-rempah dan berbagai jenis tanaman herbal (1}. Dari dulu hingga sekarang  tanaman herbal atau tanaman obat dapat menyembuhkan berbagai penyakit (2). Tetapi banyak warga Negara Indonesia malah memilih produk luar negeri (3). Padahal khasiat tanaman herbal jauh lebih baik daripada obat luar negeri (4).

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ........
A.(1)
B.(2)
C.(3)
D.(4)


17.   Ayah      : "Dari mana kamu San, jam segini baru pulang?"
Sandro   : "Maaf Pak, tadi Sandro langsung main bola dengan teman-teman."
Ayah      : "O, begitu, lain kali harus izin sama ayah, ya!"
Sandro   : "Ya Yah, maafin Sandro salah. Sandro janji tidak mengulang lagi."
Ayah      : "Bagus! Ayah doain semoga kamu menjadi anak yang bertanggungjawab."

Kesimpulan yang tepat sesuai isi percakapan tersebut adalah ........
A.Ayah sedang marah kepada Sandro karena pulang terlambat.
B.Sandro ketakutan kepada ayahnya karena pulang langsung main bola.
C.Ayah marah kepada Sandro karena tidak menuruti nasehatnya.
D.Ayah memberi saran kepada Sandro dan dia pun menerimanya.


18.   Yuli termasuk anak terpandang di lingkungannya. Ayahnya seorang pejabat di kota itu. Kehidupan Yuli sangat berkecukupan. Tetapi sayang dia malas belajar, akibatnya beberapa kali dia tidak naik kelas. Padahal cita-citanya ingin menjadi dokter.

Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ........
A.Bagaikan air di daun talas.
B.Bagaikan pungguk merindukan bulan.
C.Bagaikan air dengan minyak.
D.Bagaikan kerakap tumbuh di batu, hidup segan mati tak mau.


19.   Karena terjadi perbedaan pendapat, dua kelompok pemuda itu berbantah-bantahan tidak ada ujung pangkalnya.
Ungkapan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ........
A.perang mulut
B.panjang mulut
C.bermulut manis
D.bermuka dua


20.   Petani bekerja di sawah luas
Sawah dibajak tanah pun subur
Jangan cepat merasa puas
Tetap belajar agar negeri makmur


Pesan yang terkandung dalam pantun tersebut adalah ........
A.Bekerja di sawah yang Luas!
B.Bajaklah sawah agar subur dan makmur!
C.Teruslah belajar untuk membangun negeri!
D.Sawah subur maka negeri akan makmur!


21.   Teks 1
Program Langit Biru merupakan program pemerintah untuk mendorong peningkatan kualitas udara. Program ini bertujuan mengendalikan pencemaran udara. Sejumlah kota metropolitan mengikuti program ini. Buruknya kualitas udara dapat disebabkan oleh
pertumbuhan kendaraan di kota-kota besar. Banyaknya kendaraan juga menimbulkan masalah kecelakaan lalu lintas, kebisingan, kerugian ekonomi, serta kesehatan.

Teks 2
Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) menganugerahkan penghargaan kepada enam pemerintah kota yang memiliki kualitas udara terbaik. Kota Surabaya dan Surakarta adalah dua kota yang dinobatkan sebagai Kota Langit Biru terbaik tahun ini. Selain itu, KLH juga memberikan penghargaan kepada dua produsen kendaraan yang dinilai berperan dalam penurunan tingkat pencemaran udara kawasan perkotaan. Penganugerahan ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan Program Langit Biru.

Persamaan isi kedua teks adalah ........
A.Peningkatan kualitas udara
B.Pelaksanaan program Langit Biru
C.Pemberian penghargaan
D.Pengendalian pencemaran udara


Jadwal Perjalanan Kereta Api dari Jakarta

22.   Pernyataan yang sesuai jadwal tersebut adalah ........
A.Kereta Argo Sindoro tujuan Semarang berangkat pukul 07.15.
B.Kereta yang paling awal berangkat adalah Argo Jati.
C.Kereta yang menuju Semarang adalah Argo lawu dan Argo Muria.
D.Kereta Taksaka tujuan Yogyakarta berangkat pukul 09.00.


23.   Jika kita ingin menuju Semarang yang berangkat pukul 17.00, maka kereta yang tepat adalah ........
A.Argo Anggrek
B.Argo Sindoro
C.Argo Muria
D.Argo Lawu


24.   Bacalah dengan cermat puisi berikut!
                 Buku
Aku senang membaca buku
Karena buku sumber ilmu
Setiap hari aku sempatkan membaca buku
Agar ilmuku bertambah
Dalam buku aku temukan ilmu
Buku, engkau sungguh berjasa
Bagiku dan bagi semua orang
Aku hanya ingin berpesan
Anggaplah buku sebagai teman
Terima kasih buku

Pernyataan yang tepat sesuai dengan puisi tersebut adalah ....
A.Ilmu diperoleh dengan membaca buku
B.Kita perlu membeli banyak buku
C.Bacalah buku pada waktu senggang
D.Membaca buku merupakan kegiatan penting


25.   Di kelasku ada murid baru. Namanya Dodi. Dodi adalah siswa pindahan dari desa. Ternyata Dodi anak pandai. Dia mampu bersaing dengan murid-murid pandai di kelasku. Aku sangat kagum kepada Dodi. Meskipun berasal dari desa, Dodi tidak ketinggalan pelajaran. Dodi bintang kelas kami.

Simpulan cerita tersebut adalah ........
A.Meskipun pindahan dari desa, Dodi mampu menunjukkan dirinya sebagai siswa terbaik di sekolah baru.
B.Dodi adalah murid dari desa yang pindah ke kota sehingga dia harus rajin belajar.
C.Dodi anak pandai dari desa dan berusaha mengejar pelajaran yang tertinggal di sekolah asalnya.
D.Dodi tidak merasa kesulitan ketika pindah ke kota karena Dodi anak pandai dari sekolah di desa.


Laporan Hasil Pengamatan
Tempat kegiatan    :  SD Pelita
Hari, Tanggal         :  Sabtu, 16 Agustus 2014
Waktu                   :  Pukul 08.00 s.d 11.00
Pengamat              :  Fadia
Hasil Pengamatan  :  Pada hari Sabtu, 16 Agustus 2014, SD Pelita mengadakan
                                Lomba kebersihan kelas dalam rangka memperingati Hari
                                Pramuka. Masing-masing membersihkan anak semua kelas.

26.   Isi laporan tersebut adalah ........
A.Siswa-siswi kelas VI bersemangat mengikuti lomba.
B.Kegiatan berbagai lomba dalam rangka Hari Pramuka.
C.Lomba kebersihan dalam rangka memperingati Hari Pramuka
D.Pemenang lomba kebersihan adalah siswa kelas VI.


27.   Perbaikan struktur kalimat yang dicetak miring pada cuplikan laporan tersebut adalah ......
A.Semua anak kelas masing-masing membersihkan.
B.Semua anak membersihkan kelas masing-masing.
C.Anak masing-masing membersihkan semua kelas.
D.Semua anak masing-masing membersihkan kelas.


28.   Intan   : "Apakah kamu sudah mengerjakan tugas Bahasa Indonesia, Ta?"
Tata    : "Tugas yang mana, ya ?'
Intan   : "Mengirim kartu pos ke alamat rumah Bu Guru:"
Tata    : "O, itu. Aku sudah mengirimnya kemarin."
Intan   : "Baguslah, kalau begitu!"
Tata   : "Semoga cepat sampai ke tujuan, ya!"
Intan   : "Iya."

Topik percakapan tersebut adalah ........
A.mengirim surat ke rumah Bu Guru
B.mengerjakan tugas Bahasa Indonesia
C.mengingatkan teman
D.menyelesaikan tugas sekolah


Lingkungan yang bersih akan menjadikan hidup lebih sehat. Agar lingkungan tetap bersih, kita harus rajin membersihkannya. Lingkungan yang bersih juga akan lebih indah dipandang. Selain itu, kita juga akan lebih nyaman dan betah tinggal di lingkungan tersebut. Jadi, jagalah lingkungan sekitar agar hidup kita lebih sehat.

29.   Ringkasan isi teks tersebut adalah ........
A.Lingkungan yang bersih menjadikan hidup sehat dan hemat.
B.Lingkungan yang bersih membuat hidup kita bahagia dan enak dipandang.
C.Lingkungan yang bersih, enak dipandang, membuat kita sehat dan nyaman.
D.Lingkungan yang bersih menjadikan hidup damai dan aman.


30.   Tema paragraf tersebut adalah ........
A.manfaat lingkungan
B.melestarikan lingkungan
C.menjaga lingkungan
D.hidup bersih dan sehat


31.   Pesan yang terkandung dalam paragraf tersebut adalah ........
A.Sebaiknya kita menciptakan lingkungan bersih dan aman.
B.Jagalah kebersihan lingkungan sekitar agar hidup menjadi lebih sehat.
C.Usahakan untuk selalu menjaga keamanan lingkungan.
D.Sebaiknya kita selalu melestarikan lingkungan demi anak cucu.


Tepuk tangan itu
Teriakan histeris teman-temanku
Semakin membuatku berbunga-bunga
Akhirnya aku jadi juara

32.   Pernyataan yang tepat sesuai dengan isi puisi tersebut adalah ........
A.Tepuk tangan yang meriah membuatku menjadi juara.
B.Teriakan teman-temanku membuatku mendapat bunga.
C.Dukungan teman mengantarku menjadi juara.
D.Aku jadi juara karena perjuangan teman-teman.


33.   Makna kata yang dicetak tebal dalam puisi tersebut adalah ........
A.semangat
B.berkembang
C.bertambah
D.meningkat


34.   Bacalah urutan cara penyajian kopi berikut dengan cermat!
1. Masukkan satu sendok kecil kopi bubuk ke dalam gelas.
2. Masukkan pula dua sendok kecil gula pasir.
3. ............................................................
4. Aduk kopi dan gula hingga larut.
5. Kopi panas siap dihidangkan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi cara penyajian kopi tersebut adalah ........
A.Tuangkan air panas ke dalam gelas.
B.Siapkan satu buah gelas yang besar.
C.Kemudian tambahkan susu.
D.Lalu ambillah sendok.


35.   Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan cermat!
1. Mendengar ceritanya saja sudah membuatku bergidik.
2. Dalam bahasa Latin, komodo disebut juga dengan Varanus Komodoensis.
3. Komodo bisa mencium mangsanya dari jarak yang sangat jauh.
4. Komodo dikenal buas dan ganas.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang padu jika disusun dengan urutan sebagai berikut ........
A.2 - 1 - 4 - 3
B.3 - 2 - 4 - 1
C.3 - 1 - 2 - 4
D.4 - 1 - 3 - 2


36.   Adista senang berolahraga renang.
Laela senang bermain musik.
Gabungan kalimat tersebut yang tepat adalah ........
A.Adista senang berolahraga renang, sedangkan Laela senang bermain musik.
B.Adista senang berolahraga renang, tetapi Laela senang bermain musik.
C.Adista senang berolahraga renang, karena Laela senang bermain musik.
D.Adista senang berolahraga renang, sehingga Laela senang bermain musik.


37.   Fernanda akan dibelikan sepeda bagus ...... nilai ujiannya memuaskan.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ........
A.maka
B.sebab
C.jika
D.meskipun


38.                                                                                          Jakarta, 5 Maret 2015
Kepada
Yth. Anggota Dokter Kecil
SD Harapan Bangsa
di Jakarta

Dengan hormat,
Sehubungan dengan rencana diadakannya lomba Dokter Kecil Award, kami mengundang para anggota pada :
hari, tanggal  : Sabtu, 7 Maret 2015
waktu           : Pukul 10.00 -12.00
tempat          : Ruang UKS SD Harapan Bangsa
...............................................................

                                                                                        Pembina UKS

Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah ........
A.Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.
B.Atas kehadirannya, kami ucapkan terima kasih.
C.Kami ucapkan terimakasih atas kesediaannya.
D.Atas perhatiannya, diucapkan beribu-ribu terima kasih.


39.   Dengan hormat,
Dalam rangka pelantikan dokter Kecil SD Tunas Mandiri mohon kiranya kehadiran Bapak/Ibu guru pada ( ... )
hari,tanggal  : Sabtu, 28 Maret 2015
waktu          : Pukul 10.00 - 12.00 WIB
tempat         : Aula SD Tunas Mandiri

Tanda baca yang tepat untuk melengkapi tanda ( ... ) surat tersebut adalah .
A.titik (.)
B.titik koma (;)
C.titik dua (:)
D.koma (,)


40.                                                            Pengumuman

          Diumumkan kepada seluruh  peserta eskul menari SD Tunas Mandiri, bahwa kegiatan latihan menari diliburkan selama dua minggu ...... mulai hari Minggu tanggal 1 s.d 15 April 2015.
          Demikian pengumuman ini disampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Kata yang tepat untuk melengkapi pengumuman tersebut adalah ........
A.dihitung
B.terhitung
C.menghitung
D.perhitung


41.   Kakak  : "Rin, bagaimana sih, masa kamu selalu salah gerakannya, ayo fokus!"
Arini     : "Maaf, Kak, aku tidak bisa, aku memang bodoh."
Ayah     : "Tidak ada yang tidak bisa, berbuat salah bukan berarti dosa yang
                tidak terampuni."
Kakak   : ...................................
Arini      : "Jadi aku tidak boleh patah semangat ya Kak?"

Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah ........
A.Dengarkan ayah, kamu pasti bisa.
B.Ayah benar, kamu harus melakukan gerakan silat dengan benar.
C.Ayah benar, kamu harus yakin dan berlatih dengan semangat.
D.Dengarkan ayah potensimu bagus kamu harus bisa.


42.               Kartu Anggota Perpustakaan
Nama                      : ...................................................
Kelas                       : ...................................................
tempat, tanggal lahir  : ...................................................
Nama orang tua        : ...................................................
Alamat                     : ...................................................

Namaku Putra Satria (1). Aku lahir di Bandung tanggal 12 Agustus 2002 (2). Ayahku Adiputra, nama ibuku Salma Fitria (3). Aku sekarang duduk di kelas 6 SDI Nurul Hidayah (4). Aku dan orang tuaku tinggal di jalan Lembang nomor 50, Bandung (5).

Urutan isian formulir kartu anggota yang tepat adalah ........
A.1 - 2 - 3 - 4 - 5
B.2 - 4 - 1 - 3 - 5
C.3 - 4 - 5 - 1 - 2
D.1 - 4 - 2 - 3 - 5


Hadirin yang berbahagia,
          Terima kasih .atas kehadirannya pada acara per:ingatan hari kartini se-dki jakarta. .......... Kami selaku panitia penyelenggara mohon maaf apabila penyelenggaraan acara ini .ada kekurangan.

43.   Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah ........
A.Pada kesempatan ini marilah kita lanjutkan cita-cita perjuangan R.A. Kartini yang sangat berharga.
B.Perjuangan R.A. Kartini telah memberikan pelayanan yang sangat berharga bagi bangsa dan Negara.
C.R.A. Kartini adalah pejuang wanita yang gigih memperjuangkan kaum wanita Indonesia.
D.Perjuangan para pahlawan telah membawa perubahan yang positif bagi bangsa dan negara.


44.   Perbaikan ejaan yang tepat pada kalimat yang tercetak tebal adalah ........
A.Terima kasih atas kehadirannya pada acara peringatan Hari Kartini Se-Dki Jakarta.
B.Terima kasih atas kehadirannya pada acara peringatan Hari Kartini Se-DKI jakarta.
C.Terima kasih atas kehadirannya pada acara peringatan Hari Kartini Se-DKI Jakarta.
D.Terima kasih atas kehadirannya pada acara peringatan Hari Kartini se-DKI Jakarta.


45.   Dengan hormat,
          Melalui surat ini, aku mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri Festival Seni Tradisional yang akan dilaksanakan pada :
hari;tanggal   : Senin, 10 Februari 2014
waktu           : Pukul 09.00 WIB - selesai
tempat          : Lapangan SDI Putra Bangsa
          Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian Anda, kami ucapkan terima kasih.

Kata yang dicetak tebal pada surat tersebut seharusnya ........
A.kita dan Bapak/Ibu
B.kami dan Bapak/Ibu
C.kami dan saya
D.saya dan saudara sekalian


46.   Laporan Hasil Pengamatan
Nama      : Al Ghifari
Objek     : Kegiatan cek gula darah
Waktu    : sabtu, 1 maret 2014
Tempat   : Pos RT 003/06 Petukangan Utara
Hasil       : Kegiatan cek gula darah dimulai pukul 08.00 - 14.00 WIB
                Para pengecek gula darah terdiri dari dewasa berusia 30 - 40 tahun.

Ejaan yang tepat pada kalimat yang tercetak tebal adalah ........
A.sabtu, 1 Maret 2014
B.Sabtu, 1 maret 2014
C.Sabtu, 1 Maret 2014
D.sabtu, 1 maret 2014


47.   Bacalah laporan berikut!
Akhir-akhir ini masyarakat diresahkan dengan peristiwa yang sangat memprihatinkan yaitu pencurian motor dengan aksi pembegalan ...........

Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut adalah ........
A.Aksi pembegalan tersebut telah memakan korban dengan jumlah yang tidak sedikit.
B.Polisi dan masyarakat giat melakukan pengamanan sekitar rumah masing-masing.
C.Pemilik motor diharapkan tidak mengendarai motor pada waktu malam hari.
D.Masyarakat diharapkan waspada agar tidak menjadi korban berikutnya dari aksi pembegalan .


48.   Mau minum pakailah gelas
Minum segelas air tawar
..................................
Maka harus rajin belajar

Kalimat yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ........
A.Kalau ingin cita-cita kandas
B.Kalau ingin naik kelas
C.Agar ayah ibu tidak was-was
D.Masa tua akan menjadi puas


49.   Perhatikan gambar berikut!

Paragraf yang sesuai dengan gambar tersebut adalah ........
A.Tina adalah anak terpandai di kelasnya. Tahun ini, ia meraih prestasi sebagai siswa teladan tingkat nasional. Tina pun diwawancarai salah satu wartawan dari media terkenal.
B.Ibu sangat senang melihat Rini dan Tina sangat rukun. Keduanya sering bermain bersama. Saat mereka bermain, didatangi oleh beberapa orang untuk mengganggunya Rini dan Tina pun marah.
C.Ayah gembira karena anaknya pandai bermain gitar. Ia bercita-cita menjadi pemain gitar. Selain itu ia juga sering berlatih menjadi presenter.
D.Adik bangga kakaknya seperti Tina. Selain pandai Tina pun mempunyai kegemaran bermain drama. Bapak dan Ibu Guru serta teman-temannya sayang kepadanya .


50.   Bacalah paragraf rumpang berikut!
Pamanku rajin berkebun mengembangkan tanaman organik, di halaman rumahnya, Ia menanam tomat, cabai, pepaya, jeruk limau, dan lain-lain. Keluarga paman jarang membeli sayur dan buah-buahan untuk kebutuhan sehari-hari. Paman merawat kebunnya dengan baik..................
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ........
A.Oleh karena itu, kesehatan tubuhnya selalu terjaga dengan baik.
B.Karena udara sejuk tepat untuk tanaman sayur dan buah.
C.Dengan demikian, hasil kebun paman dapat dijual ke pasar.
D.Sehingga hasil kebunnya memperoleh keuntungan yang melimpah.


HomeCopyright 1999-2020, InVirCom, All rights reserved.
Homepage : http://www.invir.com, email : banksoal@invir.com